Selasa, 11 Februari 2014

problematika membaca

مُشْكِلَاتٌ قِرَائِيَّةٌ
PROBLEMATIKA MEMBACA

قَدْ يُوَاجِهُ مُتَعَلِّمُ الْعَرَبِيَّةِ بَعْضَ الْمُشْكِلَاتِ فِيْ قِرَاءَتِهَا. وَمِنْ هذِهِ الْمُشْكِلَاتِ مَا يَلِيْ:
Terkadang seorang pelajar bahasa ‘Arab menghadapi problematika dalam membaca. Diantara problematika tersebut adalah sebagai berikut :
الْحُرُوْفُ الزَائِدَةُ. تُوْجَدُ فِيْ حَالَاتٍ مَحْدُوْدَةٍ فِيْ الْكِتَابَةِ الْعَرَبِيَّةِ حُرُوْفٌ تُكْتَبُ وَلَاتُلْفَظُ, مِثْلُ الْأَلِفِ فِيْ (ذَهَبُوْا) وَالْأَلِفِ فِيْ (زَاهِدًا) وَالْوَاوِفِيْ (عَمْرٌو). وَقَدْتُسَبِّبُ مِثْلُ هذِهِ الْحُرُوْفِ صُعُوْبَةً لَدَى بَعْضَ الْمُتَعَلِّمِيْنَ.
1.      Huruf zaidah (tambahan)
Pada situasi tertentu dalam bahasa ‘Arab ditemukan huruf huruf yang tertulis namun tidak terbaca. Seperti alif pada lafadz ذهبوا , alif pada lafadz زاهدا, wawu pada lafadz عمرو. Dan terkadang huruf huruf seperti ini menyebabkan kesulitan bagi sebagian para pelajar.
الْحُرُوْفُ الْمَقْلُوْبَةُ. بَعْضُ الْحُرُوْفِ لَاتُقْرَأُ كَمَا هِيَ مَكْتُوْبَة, بَلْ يَجِبُ قَلْبَهَا إِلَى صَوْتٍ آخَرَوَفْقًا لِنِظَامٍ ثَابِتٍ. مِثَالُ ذلِكَ اللَّامُ قَبْلَ الْحُرُوْفِ الشَمْسِيَّةِ, إِذْيَجِبُ قَلْبُ هذِهِ اللَّامِ إِلَى صَوْتٍ يُشَبِّهُ صَوْتَ الْحَرْفِ التَّالِيْ ثُمَّ يُدْغَمُ الصَوْتَانِ مَعًا, كَمَا فِيْ كَلِمَةِ (الشَمْسُ). وَقَدْيَقْرَأُبَعْضُ الْمُتَعَلِّمِيْنَ هذِهِ الْكَلِمَةَ نَاطِقِيْنَ اللَّامَ دُوْنَ قَلْبٍ, وَهذَا بِالطَبْعِ مُخَالِفٌ لِلنُطْقِ الصَحِيْحِ.
2.      Huruf maqlubah (yang diubah)
Sebagian huruf tidak dibaca sesuai dengan tulisannya, akan tetapi harus mengubahnya pada suara lain yang sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Seperti huruf lam (yang terletak) sebelum huruf syamsiyah, maka harus mengubah huruf lam tersebut pada suara yang menyerupai huruf setelahnya kemudian mengidghamkan kedua suara tersebut bersamaan, sebagaimana pada frase الشمس. Terkadang sebagian para pelajar membacanya seraya melafalkan lam tanpa mengubahnya. Dan pastinya hal ini menyalahi pengucapaan yang benar.
الْأَصْوَاتُ الْمُشْكِلَةُ. يَجِدُ كَثِيْرٌمِنَ الْمُتَعَلِّمِيْنَ صُعُوْبَةً فِيْ نُطْقِ بَعْضِ الْأَصْوَاتِ الْعَرَبِيَّةِ وَخَاصَّةً الْأَصْوَاتِ الطَبَقِيَّةِ (ك, خ, غ) وَالْأَصْوَاتِ الْحَلْقِيَّةِ (ق, ح, ع) وَالْأَصْوَاتِ الْمُفَخَّمَةِ (ط, ض, ص, ظ). وَهذِهِ الْمُشْكِلَةُ تَظْهَرُفِيْ أَثْنَاءِالْقِرَاءَةِ الْجَهْرِيَّةِ, وَلَاتَظْهَرُفِيْ أَثْنَاءِالْقِرَاءَةِ الصَّامِتَةِ.
3.      Suara suara yang sukar
Mayoritas para pelajar menemui kesulitan dalam pengucapan sebagian suara suara bahasa ‘Arab, khususnya suara at thabqiyyah (ك خ غ)  al halqiyyah (ق ح ع) al mufakhkhamah   (ط ض ص ظ). Problema ini akan nampak di tengah tengah qiro’ah jahriyyah, tidak  qiro’ah shomitah.
اخْتِلَافُ الْإِتِّجَاهِ. كَثِيْرٌمِنَ اللُّغَاتِ تُكْتَبُ وَتُقْرَأُ مِنَ الْيَسَارِإِلَى الْيَمِيْنِ. أَمَّا الْعَرَبِيَّةُ فَتُكْتَبُ وَتُقْرَأُ مِنَ الْيَمِيْنِ إِلَى الْيَسَارِ. فَإِذَا كَانَتْ اللُّغَةُ الْأُمُّ لِلْمُتَعَلِّمِ مِنَ النَوْعِ الْأَوَّلِ, فَإِنَّهُ يَجِدُ بَعْضَ الصُعُوْبَةِ فِيْ التَعَوُّدِعَلَى الْإِتِّجَاهِ الْجَدِيْدِ بِالنِّسْبَةِ إِلَيْهِ. وَلَكِنْ هذِهِ لَيْسَتْ مُشْكِلَةً صَعْبَةً, إِذْ سُرْعَانُ مَا يَتَغَلَّبُ الْمُتَعَلِّمُ عَلَى هذِهِ الصُعُوْبَةِ وَ تَتَكَيَّفَ عَيْنَاهُ وَحَرَكَاتِهِمَا مَعَ الْمَوْقِفِ الْجَدِيْدِ وَالْإِتِّجَاهِ الْجَدِيْدِ.
4.      Kontradiksi ittijah (arah)
Mayoritas bahasa dibaca dan ditulis dari kiri ke kanan. Adapun bahasa ‘Arab itu ditulis dan dibaca dari kanan ke kiri. Jika bahasa ibu si pelajar adalah kategori yang pertama, maka ia akan menemui sebagian kesulitan pada pembiasaan arah baru yang sama. Akan tetapi ini bukanlah problem yang sulit, karena si pelajar akan bisa mengatasinya dengan cepat, dan bisa mengadaptasikan mata serta gerakannya sesuai tempat pemberhentian dan arah yang baru.
الْبَطْءُ الْقِرَائِيِّ. بَعْضُ الْمُتَعَلِّمِيْنَ يُوَاجِهُ مُشْكِلَةً فِيْ سُرْعَةِ الْقِرَاءَةِ, فَهُوَ يَقْرَأُ بِبُطْءٍ شَدِيْدٍ وَكَأَنَّهُ يَقْرَأُحَرْفًاحَرْفًا أَوْمَقْطَعًا مَقْطَعًا أَوْكَلِمَةً كَلِمَةً. وَالْمَطْلُوْبُ هُوَ أَنْ يَقْرَأَ وَحْدَاتٍ كَبِيْرَةً. وَبِالطَبْعِ يَجِبُ أَلاَّ تَكُوْنَ السُرْعَةُ عَلَى حِسَابِ الْإِسْتِيْعَابِ, لِأَنَّ الْمُرَادَ هُوَ قِرَاءَةٌ سَرِيْعَةٌ مَصْحُوْبَةٌ بِدَرَجَةٍ عَالِيَةٍ مِنَ الْإِسْتِيْعَابِ.
5.      Kelambanan membaca
Sebagian para pelajar menghadapi problem kadar kecepatan membaca. Ia membaca dengan sangat pelan seakan akan membaca huruf perhuruf, perpotongan kata, atau perkata. Padahal ia dituntut membaca dalam unit besar. Dan seharusnya kadar kecepatan membaca tidak disamakan dengan pemahaman (yang ia peroleh). Karena tujuannya adalah membaca cepat disertai dengan kwalitas pemahaman yang tinggi pula.
الْقِرَاءَةُ الْجَهْرِيَّةُ. بَعْضُ الْمُتَعَلِّمِيْنَ لَا يَسْتَطِيْعُ أَنْ يَقْرَأَ قِرَاءَةً صَامِتَةً, فَهُوَحِيْنَ يُفْتَرَضُ فِيْهِ أَنْ يَفْعَلَ ذلِكَ نَرَاهُ يَهْمَسُ أَوْ يُحَرِّكُ شَفَتَيْهِ أَوْ يَقْرَأُ قِرَاءَةً جَهْرِيَّةً. وَكُلُّ هذَا لَيْسَ بِقِرَاءَةٍ صَامِتَةٍ.  مِثْلُ هذَا الْمُتَعَلِّمِ الَّذِيْ لَايَسْتَطِيْعُ أَنْ يَقْرَأَ قِرَاءَةً صَامِتَةً يَكُوْنُ فِيْ الْعَادَةِ قَارِئًا بَطِيْئًا فِيْ سُرْعَتِهِ, كَمَا أَنَّ جَهْرَهُ فِيْ الْقِرَاءَةِ يَنْقُصُ مِنْ دَرَجَةِ اسْتِيْعَابِهِ.
6.      Qiro’ah Jahriyyah
Sebagian para pelajar tidak mampu membaca dalam hati, manakala ia diharuskan melakukannya maka kita akan melihatnya berdesis, menggerak gerakkan kedua bibir, atau bahkan membaca keras. Dan semua ini bukanlah qiro’ah shamitah. Pelajar semacam ini yang tidak mampu membaca dalam hati biasanya kadar kecepatan bacaannya lamban, sebagaimana latangnya bacaan pelajar tersebut akan mengurangi tingkat pemahamannya.
التَّرَاجُعُ الْبَصَرِيُّ. بَعْضُ الْقَارِئِيْنَ يَكْثُرُمِنْ إِرْجَاعِ بَصَرِهِ إِلَى الْكَلِمَاتِ وَالسُطُوْرِ الَّتِيْ قَرَأَهَا. وَمِثْلُ هذَاالتَرَاجُعِ قَدْ يَلْزَمُ أَحْيَانًا لِلتَّأَكُّدِ مِنْ كَلِمَةٍ أَوْ مَعْنًى أَوْعَلَاقَةٍ, وَلَكِنَّهُ يَجِبُ أَلَايَزِيْدُ عَنِ الْحَدِّ الْمَقْبُوْلِ لِأَنَّهُ إِنْ زَادَ يُؤَدِّ إِلَى بُطْءٍ قِرَائِيٍّ غَيْرِمَحْمُوْدٍ.
7.      Pengulangan penglihatan
Sebagian para pembaca sering mengulang kembali penglihatannya pada beberapa kata dan baris yang ia baca. Pengulangan seperti ini acapkali ia butuhkan untuk menaukidi kata, ma’na, atau ‘alaqah (hubungan satu kata dengan kata yang lain). Akan tetapi ia tidak seharusnya menambah batas yang diterima, sebab jika ia menambahi akan  menyebabkan kelambatan membaca yang tidak baik.
التَثْبِيْتُ الْبَصَرِيُّ. بَعْضُ الْقَارِئِيْنَ يُحَدِّقُ طَوِيْلًا فِيْ الْوَحْدَةِ الْمَقْرُوْءَةِ وَلَايَجْعَلُ عَيْنَهُ تَنْطَلِقُ إِلَى أَمَامٍ بِالسُرْعَةِ الْمَطْلُوْبَةِ. وَمِثْلُ هذَاالتَثْبِيْتِ يُؤَدِّيْ إِلَى ضِيَاعِ الْوَقْتِ وَبُطْءِ الْقِرَاءَةِ.
8.      Tetapnya pandangan
Sebagian para pembaca memandang unit/objek bacaan dengan lama dan tidak mengalihkan matanya ke depan dengan kadar kecepatan yang diminta. Tetapnya pandangan seperti ini menimbulkan tersia sianya waktu dan lambannya membaca.
ضَيْقُ الْمَدَى الْبَصَرِيِّ. بَعْضُ الْقَارِئِيْنَ يَكُوْنُ مَدَاهُمْ الْبَصَرِيِّ ضَيْقًا فِيْ الْقِرَاءَةِ. وَيُقْصَدُ بِالْمَدَى الْبَصَرِيِّ هُنَا عَدَدُ الْكَلِمَاتِ الْمَكْتُوْبَةِ الَّتِيْ تَلْتَقِطُهَا الْعَيْنُ فِيْ النَظْرَةِ الْوَاحِدَةِ. وَيُمْكِنُ أَنْ نُسَمِّيْهِ اللُّقَطَةَ الْبَصَرِيَّةَ. وَكُلَّمَا زَادَ هذَا الْمَدَى, كَانَ الْقَارِئِ أَسْرَعَ فِيْ عَمَلِيَّةِ الْقِرَاءَةِ.
9.      Sempitnya batas penglihatan
Sebagian para pembaca memiliki keterbatasan ujung pandang membaca. Dan yang dimaksud batas penglihatan /ujung pandang di sini adalah jumlah kata yang dapat ditangkap oleh mata dalam satu kali penglihatan. Dan bisa kita katakan sebagai objek pandangan. Manakala batas tersebut bertambah, maka ia juga lebih cepat dalam proses membaca.
الْمُفْرَدَاتُ. قَدْ يُلَاقِيْ الْقَارِئُ مُشْكِلَةً أُخْرى عَنْ طَرِيْقِ الْمُفْرَدَاتِ غَيْرِالْمَأْلُوْفَةِ الَّتِيْ يُصَادِفُهَا فِيْ النَّصِّ الْقِرَائِيِّ, الْأَمْرُ الَّذِيْ يُعِيْقُهُ فِيْ اسْتِيْعَابِ مَا يَقْرَأُ. وَلِذلِكَ, عَلَى الْمُعَلِّمِ أَنْ يُسَاعِدَ الطَالِبَ فِيْ التَّغَلُّبِ عَلَى هذِهِ الصُعُوْبَةِعَنْ طَرِيْقِ إِعْدَادِهِ مُسْبِقًا لِقِرَاءَةِ نَصٍّ جَدِيْدٍ وَتَعْلِيْمِهِ الْمُفْرَدَاتِ الْجَدِيْدَةِ فِيْ النَّصِّ الْجَدِيْدِ.
1 Kosakata

Terkadang si pembaca menemui problem lain dari aspek kosa kata yang tidak biasa (irregular verb), yang ia jumpai pada naskah bacaan, hal yang menghalanginya memahami bacaan. Oleh karena itu seorang pengajar harus membantu anak didiknya dalam mengatasi kesulitan ini, dengan cara mempersiapkan naskah bacaan baru terlebih dahulu dan mengajarkan kosakata baru pada naskah tersebut. ( diambil dari  Al-Khuli,Muhammad Ali, أساليب تدريس اللغة العريسة, Riyadh: al-Mamlakah al-‘Arabiyah al-Su’udiyah, 1982)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar